728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 08 Agustus 2015

9 Gejala Penyakit Diabetes Atau Kencing Manis

Diabetes atau kecing manis dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak muda sampai orang dewasa. Munculnya penyakit gula ini dapat disebabkan karena kadar glukosa/gula dalam darah cukup tinggi. Bagi kebanyakan orang mengenal istilah diabetes kering dan diabetes basah padahal menurut ilmu kedokteran faktanya adalah diabetes hanya dibedakan menjadi 3 jenis yaitu diabetes tipe 1, tipe 2 dan gestasional.

Diagnosa yang sulit untuk mengetahui gejala penyakit diabetes atau kencing manis, membuat dewasa ini banyak sekali orang yang sekalipun masih ber usia remaja dapat terkena penyakit tersebut. Nah agar mencegah atau menghindari penyakit tersebut bertambah parah, lebih baik Kenali 9 Gejala Penyakit Kencing Manis "Diabetes Melitus" sejak dini seperti dibawah ini :

9 Gejala Penyakit Diabetes Kencing Manis

1. Mati rasa

Hampir semua penderita diabetes melitus pasti diawali dengan munculnya mati rasa (kebas) dan kesemutan di beberapa bagian tubuh. Biasanya bagian tubuh yang sering mengalami mati rasa adalah bagian jari-jari, tangan, dan bagian kaki. Munculnya mati rasa disebabkan karena glukosa yang tinggi merusak jaringan sistem saraf.

2. Lebih sering buang air kecil

Kadar gula berlebih dalam tubuh tidak bisa semuanya diproses secara maksimal, akibatnya seseorang yang mengalami diabetes akan sering buang air meskipun dia tidak banyak mengonsumsi air. Apabila kamu mengalami gejala ini, silahkan konsultasikan ke dokter.

3. Berat badan berkurang drastis

Gejala diabetes satu ini menyerang kebanyakan para penderita. Rusaknya sensitivitas pankreas dalam memecah gula menjadi penyebab berat badan menurun. Karena glukosa atau gula tidak bisa diproses menjadi cadangan energi atau lemak, sehingga berat badan menjadi turun cukup drastis.

4. Selalu merasa lapar adalah salah satu gejala penyakit diabetes

Seseorang yang menderita diabetes melitus, mereka tidak akan pernah puas mengonsumsi makanan meskipun sebenarnya sudah melebihi porsi makan. Gejala ini dapat muncul disebabkan karena gula/glukosa dalam tubuh tidak mampu diproses menjadi lemak ataupun energi. Para penderita diabetes biasanya lebih menyukai makanan yang manis-manis.

5. Penglihatan menjadi kabur dan buram

Tanda penyakit kencing manis ini sering menyerang pada penderita diabetes melitus tipe 2. Lonjakan kadar glukosa berlebih menyebabkan sirkulasi darah menuju ke bagian saraf mata terhambat, akibatnya penglihatan menjadi buram dan kabur. Namun penglihatan akan kembali menjadi normal lagi apabila kadar gula tersebut menurun.

6. Muncul masalah pada kulit

Meningkatnya kadar gula dalam darah dapat mempengaruhi sirkulasi darah dan menyebabkan kelenjar keringat mengalami disfungsional. Akibatnya dari kondisi semacam ini adalah kulit menjadi lebih kering, bersisik, dan bahkan pecah-pecah. Gejala ini sangat sulit dideteksi sebagai tanda awal diabetes, sebab munculnya masalah kulit bisa diakibatkan oleh faktor lain.

Gejala Penyakit Diabetes Melitus

7. Kelelahan dan cepat emosi

Seorang penderita diabetes memiliki cadangan energi yang cukup sedikit. Hal ini terjadi karena dalam tubuh organ pankreas tidak mampu meningkatkan sensitivitas insulin untuk mengubah gula menjadi energi. Akibatnya, para penderita kencing manis akan selalu mengalami rasa lelah, dan bahkan terkadang perasaan cepat emosi kerap muncul.

8. Proses pemulihan luka yang lambat

Inilah gejala penyakit diabetes yang banyak dialami oleh seseorang. Munculnya proses pemulihan luka yang lambat disebabkan karena tubuh tidak mampu membentuk senyawa fibrinogen dengan mengubah vitamin K. Sehingga luka yang terbentuk akan sangat sulit sekali untuk sembuh, terutama bagi penderita penyakit gula basah.

9. Infeksi Jamur

Munculnya infeksi jamur juga bisa menjadi gejala awal penyakit diabetes. Mengingat seseorang yang sudah terkena diabetes mereka memiliki sistem kekebalan yang jauh lebih rendah, sehingga sangat rentan terkena serangan kuman, bakteri, dan jamur (candida). Sahabat kejadiananeh.com semoga info kesehatan 9 gejala penyakit diabetes atau kencing manis yang harus anda waspadai ini dapat bermanfaat. Baca Juga 9 Masalah Kegemukan Badan Paling Mengejutkan.

Pengobatan Alternatif Aneh Dan Unik Di Dunia

Ilmu Jadug

Anehdia adalah kumpulan artikel tentang dunia unik ,aneh,lucu dan lain sebagainya. di ambil Dari berbagai sumber, baik dari blogger ,situs berita buku majalah dan koran .Dengan tujuan untuk saling berbagi pengetahuan dan mempermudah untuk mengingat jika sewaktu-waktu anda ingin membaca untuk sekedar santai . Jangan Lupa Ikuti Kita Di :

Terima Kasih .
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 9 Gejala Penyakit Diabetes Atau Kencing Manis Rating: 5 Reviewed By: Ilmu Jadug